Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Special Service Tools dan Fungsinya

Macam Macam Special Service Tools Beserta Fungsinya - Pernahkah Anda membuka atau memasang komponen mesin tetapi tidak dapat dilakukan dengan peralatan standar?

Seorang mekanik tentu pernah mengalami pada saat melakukan perbaikan merasakan kesulitan pada saat melepas atau memasangkan komponen dengan menggunakan peralatan standar. Oleh karena itu digunakan peralatan khusus untuk membuka atau memasang bagian - bagian tertentu khususnya yang tidak dapat dilakukan dengan peralatan standar. Peralatan khusus tersebut dinamakan dengan Special Service Tools atau disingkat dengan SST. Sepecial Service Tools jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti peralatan service khusus.

Tidak seperti peralatan standar yang dapat digunakan untuk beberapa jenis pekerjaan, special service tools (SST) hanya dapat digunakan untuk satu tipe pekerjaan. Terkadang ada special servce tools yang hanya digunakan untuk satu kendaraan saja sehingga penggunaan special service tools harus dipilih sesuai dengan jenis pekerjaan, model dan spesifikasi kendaraan.

Macam - macam service tools beserta fungsinya ada sangat banyak. Jika Anda seorang siswa jurusan otomotif atau jurusan teknik lainnya mungkin Anda pernah menerima pertanyaan seperti ini:

Sebutkan macam macam special service tools?

Untuk dapat menjawabnya langsung saja disimak penjelasan jenis jenis special service tools beserta fungsinya berikut ini khususnya special service tools untuk mekanik mobil.

Jika Anda diminta untuk mengklasifikasi jenis jenis special service tools, Anda perlu mengetahui bahwa Special Service Tools secara umum diklasifikasikan menjadi tiga yaitu alat pembuka, alat pemasang dan alat ukur

Adjustable C Spanner

Adjustable C Spanner berfungsi untuk melepas dan memasang cylinder rod head pada hydraulic cylinder, melepas dan memasang spanner nut dan lain - lain.

Ball Joint  Separator

Ball joint separator berfungsi untuk memisahkan ball joint upper arm dan lower arm dari dudukannya.

Bearing Cup Puller

Bearing cup puller berfungsi untuk membuka atau menarik bearing yang berada di dalam lubang.

Bearing Puller Attachment

Bearing puller attachment berfungsi untuk melepaskan bearing dari poros jika tidak dapat dijangkau dengan kaki puller biasa

C-Clamp

C-Clamp berfungsi untuk memegang dan menahan benda pada meja kerja pada saat benda dikerjakan dengan mesin dan menahan benda kerja yang memerlukan daya cengkram yang kuat.

Clutch Aligning Tools

Clutch aligning tools berfungsi untuk memosisikan kanvas kopling tepat di tengah tengah sebelum pressure plate dikencangkan.

Coil Spring Compressor

Coil spring compressor berfungsi untuk menekan pegas shock absorber pada saat akan dilepas atau dipasangkan.

Disc Brake Piston Compressor

Disk brake piston compressor berfungsi untuk menekan piston rem cakram ke dalam rumah piston.

Filter Setrap Wrench

Filter setrap wrench berfungsi untuk melepas dan memasang saringan bahan bakar dan saringan oli jenis spin on.

Flexible Magnetic Stick

Flexible magnetic stick berfungsi untuk menarik benda - benda kecil yang terbuat dari logam seperti mur, baut dan lain - lain pada saat terjatuh ke tempat yang sempit dan sulit dijangkau dengan tangan. Flexible magnetic stick juga dapat digunakan untuk menarik pin pengunci poros pada saat perbaikan.

Hydrometer

Hydrometer berfungsi untuk mengukur berat jenis air aki. Hydrometer merupakan special service tools yang tergolong ke dalam alat ukur.

Oil Seal Protector Sleeve

Oil seal protctor sleeve berfungsi untuk mempermudah dan menghindari kerusakan pada saat pemasangan oil seal.

Oil Seal Puller

Oil seal puller berfungsi untuk mempermudah pelepasan seal perapat oli pada transmisi dan seal perapat oli lainnya.

Piston Ring Compressor

Piston ring compressor berfungsi untuk berfungsi untuk menekan ring piston untuk mempermudah piston dimasukkan ke dalam silinder.

Piston Ring Pliers

Piston ring pliers berfungsi untuk melepaskan dan memasangkan ring piston dari pistonnya.

Slide Hammer Puller

Slide hammer puller berfungsi untuk membuka komponen yang ditekan ke dalam lubang.

Itulah jenis - jenis special service tools yang digunakan oleh mekanik kendaraan roda empat pada saat melakukan perbaikan.

Post a Comment for "Macam-Macam Special Service Tools dan Fungsinya"