Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Water Jacket Pada Sistem Pendingin: Fungsi, Kerusakan, dan Cara Merawat

Mengenal Water Jacket - Water Jacket adalah lubang - lubang kecil di dalam mesin khususnya pada bagian block silinder. Water jacket merupakan bagian dari sistem pendingin yang akan menyirkulasikan cairan pendingin melalui blok silinder. Water jacket dibuat mengelilingi silinder mesin baik itu cylinder block maupun cylinder head. Bentuk water jacket di dalam silinder mesin adalah lubang atau ruangan berbentuk setengah lingkaran.

Fungsi Water Jacket

Fungsi cairan pendingin pada block silinder adalah sebagai ruangan penampungan cairan pendingin. Dalam sistem pendingin kendaraan, fungsi dari water jacket adalah penampung cairan pendingin yang menyelimuti silinder mesin. Cairan pendingin tersebut akan menyerap panas yang dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Cairan yang sudah menyerap panas akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan kembali.

Cara Kerja Water Jacket

Di manakah terjadinya penyerapan panas mesin oleh water cooler?

Pada saat mesin dihidupkan dan terjadi proses pembakaran maka akan terjadi kenaikan temperatur. Temperatur mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan terjadinya over heat atau panas berlebih. Oleh karena itu mesin temperatur mesin harus dijaga agar tidak terlalu panas. Water jacket yang terdapat di sekeliling silinder menampung cairan pendingin. Cairan pendingin ini akan menyerap panas pada mesin. Pada saat katup termostat terbuka, cairan pendingin yang sudah menyerap panas dari mesin akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan kembali. Setelah cairan pendingin menjadi kembali dingin maka cairan pendingin ini akan dialirkan kembali ke water jacket untuk kembali digunakan mendinginkan blok mesin.

Kerusakan Pada Water Jacket

Apa yang menyebabkan water jacket rusak?

Fungsi water jacket sebagai pendingin tidak dapat digantikan dengan komponen lainnya. Pada saat water jacket mengalami kerusakan, maka sistem pendingin kendaraan akan mengalami kendala. Penggunaan yang sudah terlalu lama atau penggunaan cairan pendingin yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada water jacket. Kerusakan yang terjadi biasanya adalah timbulnya karat ata korosi yang dapat menyebabkan kebocoran pada water jacket.

Cara Merawat Water Jacket

Walaupun sederhana, water jacket tidak boleh disepelekan. Water jacket harus dirawat dengan baik sehingga sistem pendinginan dapat berfungsi dengan baik. Salah satu perawatan water jacket yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengecek cairan pendingin. Jika cairan pendingin berkurang maka harus segera ditambahkan dan jika kualitasnya menurun maka harus segera dilakukan penggantian. Penggantian cairan pendingin tidak boleh dilakukan sembarangan. Gunakanlah cairan pendingin yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraannya. Jika cairan pendingin diganti dengan cairan yang sembarangan maka akan dapat memicu kerusakan pada water jacket secara cepat.

Dari uraian di atas tentunya sekarang sudah tahu ya mengenai water jacket mulai dari apa itu water jacket, fungsi water jacket, kerusakan pada water jacket dan cara merawat water jacket. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati jadi rawatlah water jacket agar awet dan tidak cepat rusak.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Water Jacket Pada Sistem Pendingin: Fungsi, Kerusakan, dan Cara Merawat"