Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Sistem Rem Mobil

        Apa yang dimaksud dengan rem mobil?

Komponen Sistem Rem Mobil - Rem mobil adalah suatu sistem pada mobil yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju mobil. Selain itu, sistem rem mobil juga digunakan pada saat mobil diparkirkan terutama jika diparkirkan pada area yang tidak datar (menanjak atau menurun) agar mobil tetap diam terparkir dan tidak bergerak karena gravitasi. Sistem rem termasuk salah satu sistem yang paling penting sebagai penunjang keselamatan pada saat berkendara. Sistem rem pada mobil terdiri dari berbagai komponen yang bekerja sebagai satu sistem.

        Lalu, komponen rem apa saja?

Komponen Sistem Rem dan Fungsinya

1. Pedal Rem (Brake Pedal)

Pedal rem (brake pedal) berfungsi sebagai penerus daya dari kaki pengemudi pada saat menginjak pedal rem ke sistem rem. Pedal rem memiliki ketinggian dan gerak bebas yang sudah disetting.

2. Boster Rem (Brake Booster)

Boster rem (brake booster) berfungsi untuk membantu pengemudi pada saat pengereman dengan melipatgandakan gaya pengereman. Dengan adanya boster rem, pengemudi tidak perlu mengeluarkan gaya yang terlalu besar pada saat akan melakukan pengereman sehingga dapat menghemat energi pengemudi. Boster rem yang digunakan pada mobil ada dua jenis yaitu boster rem tipe vacum dan boster rem tipe hidrolik.

3. Proportioning Valve

Proportioning valve berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan rem bagian depan dan tekanan rem bagian belakan.

4. Master Silinder

Master silinder berfungsi untuk mengubah tekanan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik.

5. Rem Cakram (Disc Brake)

Rem cakram (disc brake) biasanya digunakan pada rem depan. Rem cakram menggunakan piringan sebagai media pengeremannya. Bagian piringan berputar bersama dengan roda dan pada saat dilakukan pengereman, pad rem cakram akan menjepit piringan di kedua sisi sehingga putaran roda akan melambat.

6. Rem Tromol (Drum Brake)

        Apa itu tromol pada mobil?

Rem tromol (drum brake) adalah rem yang menggunakan komponen yang berbentuk seperti mangkuk dan disebut dengan tromol. Tromol ini merupakan media pengereman untuk rem jenis tromol di mana tekanan dari minyak rem akan mendorong piston rem dan mendorong kanvas rem ke arah tromol. Pada saat kampas rem bergesekan dengan tromol yang berputar bersama dengan roda maka putaran roda akan melambat. Baik rem cakram maupun rem tromol, keduanya menggunakan gaya gesek yang digunakan untuk memperlambat laju kendaraan.

7. Tuas Rem Parkir (Parking Brake Lever)

Tuas rem parkir (parking brake lever) berfungsi sebagai tuas untuk mengaktifkan rem parkir. Tuas rem dioperasikan dengan cara ditarik dan untuk melepaskannya dilakukan dengan menekan tombol pada bagian depan tuas.

Itu adalah komponen sistem pengereman pada mobil dan fungsinya yang dapat disampaikan pada tulisan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum dicantumkan, silakan tambahkan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Komponen Sistem Rem Mobil"