Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Lampu Mobil

Jenis - Jenis Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya - Lampu adalah suatu komponen yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Lampu digunakan untuk menerangi suatu tempat pada saat malam hari. Pada sebuah kendaraan, lampu digunakan untuk menerangi jalan pada saat kendaraan digunakan pada malam hari.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan lampu pada kendaraan tidak hanya sebatas untuk menerangi jalan. Saat ini penggunaan lampu pada mobil semakin berkembang, selain digunakan untuk menerangi jalan juga digunakan sebagai isyarat dan aksesoris yang dapat mempercantik tampilan kendaraan.

10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

Jika dilihat dari fungsinya, terdapat 10 jenis lampu mobil. Secara umum kegunaan lampu mobil dibagi tiga yaitu sebagai penerang, sebagai isyarat dan sebagai aksesoris. Berikut adalah jenis - jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya:

1. Lampu Dekat (Low Beam)
2. Lampu Jauh (High Beam)
3. Lampu Senja (Lampu Kota)
4. Lampu Kabut (Fog Lamp)
5. Lampu Tail (Stop Lamp)
6. Lampu Rem (Brake Light)
7. Lampu Sein (Turn Signal Lamp)
8. Lampu Mundur
9. Lampu Hazard (Lampu Tanda Bahaya)
10. Lampu Kabin

Fungsi Jenis - Jenis Lampu Pada Mobil adalah sebagai berikut:

Lampu Dekat (Low Beam)

Lampu dekat (low beam) adalah lampu yang berfungsi untuk menerangi jalan tetapi jangkauan sinarnya cukup pendek yaitu sekitar 5 meter. Lampu dekat digunakan pada saat berkendara pada malam hari di pemukiman warga atau di jalanan ramai dengan penerangan yang cukup

Lampu Jauh (High Beam)

Lampu jauh (high beam) adalah lampu yang berfungsi untuk menerangi jalan pada malam hari dengan jangkauan yang lebih jauh dari lampu dekat. Cahaya dari lampu jauh dapat menjangkau hingga 10 meter. Lampu jauh biasanya digunakan pada saat malam hari di tempat yang sepi, gelap dan berkelok.

Lampu Senja (Lampu Kota)

    Apa itu lampu senja?

Lampu senja adalah lampu yang menunjukkan ukuran kendaraan. Dinamakan lampu senja karena lampu ini harus dinyalakan pada sore hari atau pada saat cuaca mendung. Lampu senja berfungsi untuk memberi tahu pengendara lain bahwa mobil sedang berada di lintasan yang sama. Lampu senja ini memiliki nama lain yaitu lampu kota.

Lampu Kabut (Fog Lamp)

Lampu kabut adalah lampu yang dinyalakan pada saat jalan tertutup kabut. Lampu kabut terdapat di bagian depan dan bagian belakang kendaraan. Lampu kabut bagian belakang berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara yang ada di belakang untuk menjaga jarak.

Lampu Tail (Stop Lamp)

Lampu tail (stop lamp) adalah lampu yang berada di bagian belakang kendaraan yang terhubung dengan lampu senja pada sakelar yang sama. Jadi jika lampu senja dinyalakan maka lampu tail juga akan menyala. Lampu tail berfungsi untuk memberikan tanda pada pengendara yang ada di belakang. Lampu tail ini biasanya berwarna merah.

Lampu Rem (Brake Light)

Lampu rem adalah lampu yang terhubung dengan pedal rem. Pada saat pedal rem diinjak maka lampu rem akan menyala. Lampu rem terletak di bagian belakang kendaraan dan berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara yang ada di belakang bahwa mobil akan mengurangi kecepatan atau berhenti. Lampu rem ini berwarna merah dan nyalanya lebih terang dari lampu kota.

Lampu Sein (Turn Signal Lamp)

Lampu sein terletak di depan, belakang, kiri dan kanan kendaraan. Lampu sein berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara yang ada di depan atau di belakang bahwa mobil akan berbelok. Lampu sein harus dinyalakan sesuai dengan arah yang dituju yaitu jika akan berbelok ke kiri maka lampu sein yang dinyalakan adalah lampu sein kiri begitu juga sebaliknya. Pada saat dinyalakan, lampu sein akan menyala di bagian depan dan belakang untuk sisi yang sama (kiri/kanan).

Lampu Mundur

Lampu mundur adalah lampu yang berfungsi sebagai isyarat kepada kendaraan yang ada di belakang bahwa mobil akan mundur. Lampu mundur terletak di bagian belakang kendaraan dan akan menyala pada saat perseneling dipindahkan ke gigi mundur.

Lampu Hazard (Lampu Tanda Bahaya)

Lampu hazard adalah lampu tanda bahaya yang memiliki fungsi utama untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain bahwa mobil sedang dalam keadaan darurat contohnya ban bocor atau mesin bermasalah. Selain itu lampu hazard juga biasanya dinyalakan pada saat ada iring - iringan seperti iring iringan presiden dan lain - lain. Lampu hazard yaitu lampu sein yang menyala semua secara bersamaan yaitu depan, belakan, kiri dan kanan.

Lampu Kabin

Jika lampu - lampu yang sudah disebutkan di atar terletak di luar mobil, lampu kabin adalah lampu yang terletak di dalam mobil. Lampu kabin berfungsi untuk menerangi kabin mobil pada saat malam hari. Lampu kabin biasanya berwarna kuning redup agar tidak mengganggu pengendara lain.

Jenis Jenis Lampu Kendaraan Berdasarkan Bahan dan Intensitas Cahayanya

Tipe lampu mobil yang digunakan untuk setiap fungsi lampu biasanya berbeda - beda. Varian lampu yang dipasang pada mobil dapat dibedakan berdasarkan bahan dan tingkat intensitas cahayanya. Secara garis besar varian lampu ini dibagi menjadi tiga yaitu:

Light Emiting Diodes (LED)

Apa yang dimaksud dengan lampu LED?

Lampu LED adalah susunan dioda yang memancarkan cahaya yang disusun menjadi satu. Pada awalnya lampu LED dikenal sebagai lampu penerang ruangan akan tetapi saat ini banyak kendaraan bermotor yang menggunakan lampu LED. Lampu LED memiliki masa pakai yang lebih panjang dari lampu lainnya yaitu bisa mencapai 20000 jam. Walaupun bukan jenis lampu yang paling terang, lampu LED lebih efisien jika dibandingkan dengan lampu jenis lainnya. Daya yang digunakan untuk menyalakan lampu LED hanya dibutuhkan daya yang kecil.

Lampu LED yang digunakan untuk mobil ada tiga jenis Jenis - jenis lampu LED mobil tersebut yaitu:

  • LED limited, merupakan lampu yang memiliki daya paling tinggi. Biasanya digunakan untuk lampu utama.
  • LED cree, merupakan jenis lampu LED yang biasa digunakan pada lampu sein dan juga lampu rem.
  • LED COB (Chip On Board), merupakan jenis lampu LED berupa deretan chip yang tersusun pada satu papan. LED COB biasa digunakan untuk lampu kabin.
Apakah lampu LED mobil lebih terang?

Jika dibandingkan dengan lampu halogen, lampu LED  lebih terang tetapi tidak lebih terang dari lampu HID

High Intensity Discharge (HID)

Apa yang dimaksud dengan lampu HID?

Lampu HID disebut juga dengan lampu XENON yang merupakan gas pengisi yang berada di dalam tabung lampu tersebut. Jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, lampu HID memiliki cahaya yang paling terang yaitu mencapai 3000 lumens. Lampu HID memiliki harga yang lebih murah dari lampu LED. Kekurangan dari lampu HID yaitu potensi glare (silau) lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Lampu HID pada saat dinyalakan tidak langsung menghasilkan terang yang sempurna tetapi membutuhkan waktu beberapa saat. Proses penggantian lampu HID terbilang lumayan rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkan arus listriknya.

Halogen

Apa itu lampu halogen mobil?

Lampu halogen adalah lampu standar yang paling banyak digunakan pada kendaraan. Lampu halogen memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Lampu halogen memiliki filamen pada bagian dalamnya yang akan memancarkan cahaya pada saat dialiri listrik. Cahaya yang dihasilkan filamen akan semakin terang dengan adanya gas halogen yang berada di sekeliling filamen tersebut. Cahaya yang dihasilkan lampu halogen tidak terlalu terang dan masa pakai lampu halogen ini relatif rendah. Kendaraan yang menggunakan lampu halogen akan lebih sering melakukan penggantian lampu dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan lampu jenis lainnya.

Apa beda lampu halogen dan LED?

Lampu halogen menggunakan filamen untuk menghasilkan cahaya sedangkan lampu LED adalah lampu yang menggunakan dioda pancaran cahaya.

Bisakah lampu halogen diganti LED?

Kendaraan yang menggunakan lampu halogen dapat mengganti lampu halogennya dengan lampu LED tetapi membutuhkan komponen tambahan.

Itulah jenis jenis lampu kendaraan yang dapat disampaikan pada tulisan ini. Semoga bermanfaaat.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Lampu Mobil"